Thursday, June 20, 2024

Kesesuaian Selebriti dengan Brand

 


Ketika seorang selebriti melakukan endorse terhadap sebuah produk,
reputasi mereka akan menjadi terasosiasi atau terhubung dengan merek tertentu.
Sehingga sejauh mana kesesuaian seorang selebriti endorser dengan merek akan
berdampak besar pada persepsi terhadap merek serta minat pembelian konsumen.
Hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Choi, S. M., &
Rifon, N. J., (Keel & Nataraajan, 2012). Namun, pada masa sekarang hasil penelitian
yang menunjukan bahwa kesesuaian selebriti dengan merek terhadap minat beli
menjadi berbeda-beda. Tergantung pada seberapa besar pengaruh tingkat
kesesuaian selebriti dan merek, dengan karakteristik konsumen yang mengetahui
endorsement tersebut. Konsumen dengan golongan usia yang lebih muda
memiliki kecenderungan untuk mudah terpengaruh terhadap efek endorsement.
Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan dari teman serta norma sosial, yang
memudahkan untuk mengenali nilai dan citra selebriti. Maka dari itu, dapat
disimpulkan bahwa secara spesifik konsumen yang lebih muda akan lebih
terpengaruh dengan strategi endorsement

No comments:

Post a Comment