Tuesday, June 18, 2024

Manfaat Citra Merek

 


Menurut Tjiptono (2011:43) merek juga memiliki manfaat bagi produsen
dan konsumen :

  1. Bagi produsen, merek berperan penting sebagai :
    a. Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan
    produk bagi perusahaan, terutama dalam pengorganisasian sediaan dan
    pencatatan akuntansi.
    b. Bentuk proteksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang unik.
    Merek bisa mendapatkan perlindungan properti intelektual. Nama merek
    bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar (registered trademarks)
    proses pemanufakturan bisa dilindungi melalui hak paten dan kemasan
    bisa diproteksi melalui hak cipta (copyright) dan desain.
    c. Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka
    bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain waktu.
    d. Sarana untuk menciptakan asosiasi dan makna unik yang membedakan
    produk dari para pesaing.
    e. Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukum,
    loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen.
    f. Sumber financial returns, terutama menyangkut pendapatan masa yang
    akan datang.
  2. Bagi konsumen merek bisa memberikan beraneka macam nilai melalui
    sejumlah fungsi dan manfaat potensial

No comments:

Post a Comment