Thursday, June 20, 2024

Peningkatan Penjualan

 


Penjualan merupakan aktivitas menjual, baik produk atau jasa. Penjualan
dapat ditingkatkan dengan memperlancar proses penjualan dengan menggunakan
strategi pemasaran. Tujuan utama penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau
laba dari produk atau barang yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan
yang baik. Dalam pelaksanaannya, penjualan sendiri tak akan dapat dilakukan tanpa
adanya pelaku yang bekerja didalamnya seperti agen, pedagang, dan tenaga
pemasaran. Menurut Basu Swastha DH (2004 : 403) penjualan adalah interaksi
antara individu saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,
memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran sehingga
menguntungkan bagi pihak lain. Penjualan dapat diartikan juga sebagai usaha yang
dilakukan manusia untuk menyampaikan barang bagi mereka yang memerlukan
dengan imbalan uang menurut harga yang telah ditentukan atas persetujuan
bersama.
Peningkatan penjualan dapat dikaitkan dengan volume penjualan yang
terjadi. Volume penjualan merupakan pencapaian yang dinyatakan secara kuatitatif
dari segi fisik atau volume atau unit suatu produk (Rangkuti, 2009: 207). Menurut
Mulyadi (2005:239) volume penjualan merupakan ukuran yang menunjukan
banyaknya atau besarnya jumlah barang atau jasa yang terjual. Sehingga volume
penjualan merupakan jumlah total yang dihasilkan dari penjualan barang.(Astuti,
Arso, and Wigati 2015) Semakin tinggi penjualan produk atau jasa maka
menunjukkan tingkat keberhasilan suatu perusahaan dalam melakukan upaya
pengembangan pada perusahaan dan semakin tinggi laba yang dihasilkan
perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam menjual produknya menentukan
keberhasilan dalam mencari keuntungan, apabila perusahaan tidak mampu menjual
maka perusahaan akan mengalami kerugian. Menurut Basu Swastha DH (2004 :
404) indikator peningkatan penjualan yaitu :
a. Mencapai Volume Penjualan
Volume penjualan merupakan hasil akhir yang dicapai perusahaan dari hasil
penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Volume penjualan
tidak memisahkan secara tunai maupun kredit tetapi dihitung secara keseluruhan
dari total yang dicapai. Seandainya volume penjualan meningkat dan biaya
distribusi menurun maka tingkat pencapaian laba perusahaan meningkat tetapi
sebaliknya bila volume penjualan menurun maka pencapaian laba perusahaan juga
menurun.
b. Mendapatkan Laba Tertentu
Mendapatkan laba yang telah ditargetkan perusahaan dari hasil penjualan
produk dari perusahaan tersebut. Mendapatkan laba dari hasil penjualan dari produk
yang telah ditargetkan, dapat meningkatkan penjualan dari perusahaan tersebut.
kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba akan dapat menarik para investor
untuk menanamkan dananya guna memperluas usahanya.
c. Menunjang Pertumbuhan Perusahaan
Menunjang pertumbuhan perusahaan, kemampuan perusahaan untuk
menjual produknya akan meningkatkan volume penjualan bagi perusahaan yang
dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan untuk menunjang pertumbuhan
perusahaan dan perusahaan akan tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin
ketat antar perusahaan.

No comments:

Post a Comment