Tuesday, June 18, 2024

Model Keputusan Pembelian

 


Keputusan untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa timbul
karena adanya dorongan emosional dari dalam diri maupun pengaruh dari luar.
Proses keputusan pembelian merupakan proses psikologis dasar yang memainkan
peranan penting dalam memahami bagaimana konsumen benar-benar membuat
keputusan pembelian mereka. Proses keputusan pembelian model lima tahap
menurut Kotler dan Keller (2013:184) adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan masalah
    Proses pembelian dimulai ketika pembeli menyadari suatu masalah atau
    kebutuhan yang dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal.
  2. Pencarian informasi
    Sumber informasi utama di mana konsumen dibagi menjadi empat kelompok:
    a. Pribadi. Keluarga, teman, tetangga, rekan.
    b. Komersial. Iklan, situs web, wiraniaga, penyalur, kemasan, tampilan.
    c. Publik. Media massa, organisasi pemeringkat konsumen.
    d. Eksperimental. Penanganan, pemeriksaan, penggunaan produk.
  3. Evaluasi alternatif
    Beberapa konsep dasar yang akan membantu kita memahami proses evaluasi:
    pertama, konsumen berusaha memuaskan sebuah kebutuhan. Kedua,
    konsumen mencari manfaat tertentu dari solusi produk. Ketiga, konsumen
    melihat masing-masing produk sebagai sekelompok atribut dengan berbagai
    kemampuan untuk menghantarkan manfaat yang diperlukan untuk
    memuaskan kebutuhan ini.
  4. Keputusan pembelian
    Dalam tahap evaluasi, konsumen membentuk preferensi antar merek dalam
    kumpulan pilihan. Konsumen mungkin juga membentuk maksud untuk
    membeli merek yang paling disukai. Dalam melaksanakan maksud pembelian,
    konsumen dapat membentuk lima sub keputusan: merek, penyalur, kuantitas,
    waktu, dan metode pembayaran.
  5. Perilaku pasca pembelian
    Setelah pembelian , konsumen mungkin mengalami konflik dikarenakan
    melihat fitur mengkhawatirkan tertentu atau mendengar hal-hal
    menyenangkan tentang merek lain dan waspada terhadap informasi yang
    mendukung keputusannya

No comments:

Post a Comment