Thursday, June 20, 2024

Niat Beli

 


Niat membeli seringkali digunakan untuk menganalisa perilaku konsumen.
Sebelum melakukan pembelian, konsumen biasanya akan mengumpulkan
informasi tentang produk yang didasarkan pada pengalaman pribadi maupun
informasi yang berasal dari lingkungannya. Setelah informasi dikumpulkan maka
konsumen akan mulai melakukan penilaian terhadap produk, melakukan evaluasi
serta membuat keputusan pembelian setelah membandingkan produk serta
mempertimbangkannya.
Niat membeli berkaitan erat dengan keputusan pembelian konsumen, niat
digunakan untuk memprediksi kecenderungan seseorang akan melakukan atau
tidak melakukan perilaku membeli. Niat merupakan kecenderungan atau keinginan
yang kuat pada individu untuk melakukan perilaku tertentu. Niat merupakan
indikasi dari seberapa kuat keinginan individu untuk mewujudkan suatu perilaku,
dengan kata lain semakin kuat keinginan individu tersebut semakin besar
kemungkinan suatu perilaku diwujudkan.
Mowen dan Minor (2002:315), niat membeli merupakan keinginan konsumen
untuk berperilaku dengan cara tertentu yang bertujuan untuk memiliki, membuang,
dan menggunakan barang ataupun jasa. Sedangkan menurut Schiffman et.al.
(2015), niat membeli sering disebut dengan komponen konatif pada sikap yang
berkaitan dengan kemungkinan konsumen untuk membeli produk tertentu.
Menurut Assael (1995), niat pembelian merupakan perilaku yang muncul
sebagai respon terhadap obyek yang menunjukkan keinginan konsumen untuk
melakukan pembelian. Beberapa pengertian dari niat pembelian adalah sebagai
berikut dalam (Schiffman & Kanuk, 2007:49):

  1. Niat beli, juga mengindikasikan seberapa jauh orang mempunyai kemauan
    untuk membeli.
  2. Niat beli menunjukkan pengukuran kehendak seseorang dalam membeli.
  3. Niat beli berhubungan dengan perilaku membeli yang terus-menerus.
    Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa niat
    merupakan kecenderungan atau keinginan individu atau konsumen untuk
    melakukan suatu perilaku tertentu..

No comments:

Post a Comment