Wednesday, June 26, 2024

Pendekatan Loyalitas Merek (Brand Loyalty)

 


Pada loyalitas merek (Brand Loyalty) tidak ada lagi merek yang
dipertimbangkan untuk dibeli selain merek sering dibeli. Ketika merek produk itu
tidak ada di toko/outlet maka konsumen terus berusaha mencari produk tersebut
sampai ketempat yang jauh sekalipun sampai menemukannya. Terdapat dua
pendekatan loyalitas merek antara lain: (Asri dan Rozy, 2018: 273)
1) Pendekatan pengondisian instrumental (instrumental conditioning)
Pendekatan pengondisian instrumental (instrumental conditioning)
memandang bahwa pembelian yang konsisten sepanjang waktu
menunjukkan loyalitas merek. Pengukuran bahwa seorang konsumen itu
dikatakan loyal atau tidak dapat dilihat dari frekuensi dan konsistensi
perilaku pembeliannya terhadap suatu merek.
2) Pendekatan berdasarkan teori kognitif
Menurut pendekatan ini, loyalitas menyatakan bahwa komitmen terhadap
merek tidak hanya direfleksikan oleh perilaku pembelian yang terus
menerus. Konsumen mungkin sering membeli merek tersebut karena
harganya murah, dan ketika harganya naik, konsumen akan pindah ke merek
lain.

No comments:

Post a Comment