Menurut Hasan (2014:42), “Brand awareness adalah sejauh mana suatu
merek dikenal atau tinggal dalam benak konsumen. Kesadaran merek
menunjukkan kesanggupan seorang pembeli atau calon pembeli untuk mengenali
atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori
merek tertentu. Peran kesadaran merek dalam keseluruhan ekuitas merek
tergantung dari sejauh mana tingkatan kesadaran yang dicapai oleh suatu merek.
Kesadaran merek akan mendorong untuk melanjutkan konsumen pada tingkat
loyalitas merek. Semakin tinggi tingkat kesadaran merek (brand awareness) suatu
merek dalam di mata konsumen, maka akan semakin melekat suatu merek dalam
pikiran konsumen, sehingga makin besar pula kemungkinan suatu merek
dipertimbangkan dalam setiap pembelian dan makin besar pula kemungkinan ia
akan dipilih oleh konsumen. Kesadaran merek membutuhkan continuitas dari
pelanggan dalam memilih suatu produk karena perasaan pertama dalam
penggunaan produk tersebut dapat mewakili keyakinan bahwa hanya ada satu
merek yang mewakili dalam suatu kategori produk”
No comments:
Post a Comment