Tuesday, June 25, 2024

Pengertian Brand Image

 


Brand Image (Citra Merek) adalah suatu persepsi yang timbul di
benak para konsumen pada saat mengingat suatu merek / brand dari suatu
produk tertentu. Dengan kata lain citra merek adalah keseluruhan persepsi
terhadap suatu merek dan terbentuk dari berbagai informasi dan juga
berbagai pengalaman yang dirasakan di masa lalu terhadap suatu merek.
Citra terhadap suatu brand ini berkaitan erat dengan sikap berupa suatu
keyakinan dan preferensi yang timbul terhadap suatu merek.
Keller, (2003:166) mendefinisikan Brand image adalah anggapan
tentang merek yang direfleksikan konsumen yang berpegang pada ingatan
konsumen. Cara orang berpikir tentang sebuah merek secara abstrak dalam
pemikiran mereka, sekalipun pada saat mereka memikirkannya, mereka
tidak berhadapan langsung dengan produk.
Begitu pula pendapat Tjiptono (2014:68) yang menyatakan citra
merek atau brand image merek ialah suatu rangkaian asosiasi yang
dibentuk oleh persepsi individu dalam waktu yang panjang yang
dihasilkan berdasarkan pengalaman tidak langsung ataupun langsung
pada merek

No comments:

Post a Comment