Simak dan Jan (2017) mengemukakan Celebrity Endorser adalah
bintang iklan yang mendukung produk yang diiklankan. Menurut Shimp (2003)
Celebrity Endorser merupakan memanfaatkan artis, entertainer, atlet dan public
figur sebagai bintang iklan di media- media, mulai dari media cetak, media
social, maupun media televisi. Selain itu digunakan karena atribut
kesohorannya termasuk ketampanan, keberanian, talenta, keanggunan,
kekuatan, dan daya tarik seksualnya yang sering mewakili daya tarik yang
diinginkan oleh merek yang mereka iklankan. Menurut Kotler (2009) celebrity
endorser merupakan penggunaan narasumber (source) sebagai figur yang
menarik atau populer dalam iklan, sehingga dapat memperkuat citra dari suatu
merek dalam pikiran pelanggan.
Menurut Royan (2004) celebrity sangat diminati oleh produsen untuk
mengiklankan produknya adalah karena pesan yang disampaikan oleh sumber
yang menarik akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dan pesan tersebut
akan sangat mudah diingat. Celebrity Endorser yang dapat menghasilkan
kualitas pendukung seperti daya tarik, disukai dan dipercaya konsumen
berperan penting dalam meningkatkan strategi komunikasi pemasaran.
Perusahaan memberikan produk secara gratis beserta tarif endorser dengan
timbal balik celebrity tersebut mempromosikan produk dan mempengaruhi
sikap konsumen untuk mengambil keputusan pembelian terhadap produk
melalui akun sosial medianya.
No comments:
Post a Comment