Dalam konsep pemasaran terdapat suatu hal yang harus diperhatikan oleh
pemasar yaitu komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran ini menjadi
penting karena dalam pemasaran, tidak hanya fokus kepada produk yang
akan dihasilkan, namun bagaimana cara kita mengkomunikasikannya secara
baik agar dapat diterima oleh konsumen. Salah satu media komunikasi
pemasaran yang sangat pupoler dan sering digunakan saat ini adalah iklan.
Iklan digunakan karena tergolong fleksibel, iklan bisa ditemui di televisi,
radio, koran, majalah, sampai situs internet. Namun iklan harus dirancang
sedemikian rupa untuk menarik perhatian konsumen. Sudah menjadi tugas
pemasar untuk merancang iklan ini sekreatif mungkin. Salah satu caranya
adalah dengan menggunakan brand endorser.
Brand endorser merupakan pihak yang digunakan perusahaan untuk
mengiklankan produknya. Brand endorser ini bisa berasal dari tokoh biasa
atau tokoh terkenal (selebriti). Brand endorser disini biasanya berperan
sebagai opinion leader dimana tugasnya adalah memberikan informasi
kepada orang lain dan berusaha mempengaruhinya. Celebrity Endorser
sendiri menurut Shimp (2010 .p,329) adalah seorang aktor atau artis,
entertainer atau atlet yang mana dikenal atau diketahui umum atas
keberhasilannya dibidangnya masing-masing untuk mendukung sebuah
produk yang diiklan. Menurut Sutisna (2009 .p,329) penggunaan opinion
leader cukup efektif dalam membangun perasaan kesamaan bagi konsumen.
Biasanya endorser yang sering digunakan perusahaan adalah berasal dari
selebriti. Karena pesan yang dihantarkan oleh sumber yang menarik atau
tokoh terkenal akan dapat menarik lebih banyak perhatian (Kotler & Keller,
2009 .p,132). Menurut Hansudoh (2012 .p,109), penggunaan komunikator
celebrity endorser yang memiliki karakteristik tertentu dapat mempengaruhi
sikap atau tanggapan konsumen yang positif terhadap produk tersebut
No comments:
Post a Comment