Kepercayaan merek (Brand Trust) merupakan persepsi konsumen
berdasarkan interaksi dan pengalaman terhadap merek. Menurut Tjiptono
(2014) Brand Trust merupakan kesediaan konsumen untuk mempercayai atau
mengandalkan merek dalam situasi risiko dikarenakan adanya ekspektasi
bahwa merek yang bersangkutan akan memberikan hasil yang positif.
Membangun kepercayaan merek itu penting bagi perusahaan. Produk
yang memiliki nilai bagi pelanggan akan mendorong loyalitas pelanggan.
Membangun loyalitas merek yaitu dengan memberikan kualitas, kredibilitas
dan keandalan secara konsisten. Pelanggan akan melakukan pembelian lebih
dari satu kali. Serta, menciptakan pendukung merek yaitu pelanggan yang
merasa senang dengan merek dan menjadi pelanggan setia, mereka akan
memromosikan merek dan memberi tahu orang lain tentang penilaian positif
terhadap merek tersebut.
Chi dan Chiou dalam Nurfadila dan Maskuri Sutomo (2017)
mengemukakan bahwa kepercayaan merek (Brand Trust) merupakan
kepercayaan yang dipercaya oleh konsumen bahwa suatu merek menawarkan
produk yang dapat diandalkan dan memiliki jaminan kualitas yang baik.
Menurut Lau dan Lee (2007) Brand Trust merupakan keinginan
pelanggan untuk mempercayakan pada sebuah merek dengan risiko-risiko yang
dihadapi karena ekspektasi terhadap merek itu akan menyebabkan hasil yang
positif.
No comments:
Post a Comment