Friday, June 28, 2024

Pengertian Kualitas Produk

 


Menurut Kotler dan Amstrong (2019), Kualitas Produk merupakan
sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk diperhatikan, dimiliki,
digunakan, atau dikonsumsi yang bisa memuaskan keinginan dan
kebutuhan. Dengan tingkat kualitas produk yang baik akan meningkatkan
rasa ingin konsumen untuk memiliki barang tersebut sehingga kualitas
produk suatu barang yng ditawarkan sangatlah penting bagi konsumen.
Pada umumnya orang berpikir bahwa kualitas produk merupakan
salah satu syarat terpenting ketika akan membeli sebuah produk. Karena
apabila suatu produk memiliki kualitas yang baik dimata masyarakat
sehingga secara otomatis masyarakat akan tertarik dengan produk tersebut.
Sehingga adanya kualitas produk yang baik akan berdampak positif.
Konsumen mengakui kualitas suatu produk dapat dilihat dari ciri khas yang
diberikan oleh perusahaan pada produknya Sugiarto & Jumady (2019).
Menurut Kotler dan Keller (2016), Kualitas produk adalah
kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya
tahan, kehandalan, kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut nilai.
Setiap pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk akan
terlebih dahulu melihat kualitas yang dimiliki produk. Kualitas produk
dinilai nomor satu pada produk yang dijual. Pelanggan tidak akan
mempermasalahkan harga yang tinggi apabila kualitas produk menjamin,
begitupun sebaliknya apabila harga produk rendah tetapi tidak memiliki
kualitas produk yang baik maka pembeli tidak akan tertarik. Bahar dan
Sjaharuddin (2020) kualitas produk merupakan proses evaluasi secara
keseluruhan kepada pelanggan atas perbaikan kinerja suatu produk.
Menurut Akbar, et al. (2020) berpendapat bahwa kualitas produk
diyakini sebagai salah satu alat pemosisian utama dalam bidang pemasaran.
Suasana persaingan dan permintaan konsumen yang semakin meningkat
membuat banyak karyawan perusahaan berusaha mewujudkan keinginannya
guna menghasilkan produk berkualitas tinggi yang mampu bersaing di pasar
Sugiarto & Jumady, (2019)

No comments:

Post a Comment