Sunday, June 23, 2024

Pengertian Minat Beli

 


Minat beli merupakan perilaku ketika seorang konsumen
mengenali suatu merek dan memiliki tekad untuk membeli atau
memiliki. Pada mulanya individu akan mencari kepuasan dari produk
yang ditemuinya lalu kemudian akan timbul sebuah hasrat untuk
memiliki produk tersebut. Assael dalam Wiratnaya (2014) menyatakan
minat beli konsumen timbul dan terbentuk setelah konsumen melakukan
evaluasi terlebih dulu terhadap suatu merek dan akan melakukan
pembelian terhadap merek yang dapat meemberikan tingkat paling tinggi
dari kepuasan yang diharapkan.
Rossiter dan Percy dalam Kumala (2012) mengemukakan bahwa
minat beli merupakan sebuah instruksi diri konsumen untuk melakukan
pembelian atas suatu produk, melakukan perencanaan, mengambil
tindakan-tindakan yang relevan seperti mengusulkan, dan akhirnya
mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.
Konsumen yang memiliki ketertarikan pada suatu produk akan
melakukan pencarian informasi lebih lanjut mengenai produk yang
mereka inginkan tersebut. Mengutip dari Keller (2012:113) bahwa minat
beli adalah seberapa besar kemungkinan konsumen membeli suatu merek
atau seberapa besar kemungkinan konsumen untuk berpindah dari satu
merek ke merek yang lain. Dapat dikatakan bahwa minat beli juga
berlaku pada beberapa merek lain disaat yang bersamaan.
Sehingga peneliti menyimpulkan sebuah minat beli didasarkan
dari pengetahuan konsumen mengenai satu atau lebih suatu merek
produk, dan mencari produk mana yang sekiranya yang bisa memberikan
kepuasan paling tinggi, kemudian dilanjutkan dengan tindakan untuk
mencari informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut dan akhirnya
melakukan perencanaan pembelian

No comments:

Post a Comment