Sunday, June 23, 2024

Indikator Minat Beli

 


Minat beli pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor internal dan
eksternal. Perilaku konsumen akan terlihat ketika menjumpai
karakteristik produk yang ada di pasaran, produk yang memiliki karakter
kuat dan cocok dengan ekspektasi calon konsumen akan menstimulus
kecenderungan calon konsumen dalam membeli produk tersebut. Dari
sisi internal kecenderungan untuk membeli produk didasari oleh
kebutuhan dan atau keinginan konsumen tersebut.
Pernyataan dari Ferdinand dalam Akmal (2014) bahwa indikator-
indikator minat beli konsumen adalah sebagai berikut:
1) Tertarik untuk mencoba
2) Mempertimbangkan untuk membeli
3) Keinginan memiliki produk
4) Keinginan mengetahui produk.
Pada jurnal Naibaho & Yuliati (2017) mengemukakan bahwa
minat beli diidentifikasi melalui indikator-indikator sebagai berikut :

  1. Minat Transaksional, yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli
    produk.
  2. Minat Referensial, yaitu minat yang menggambarkan perilaku
    seseorang untuk mereferensikan produk kepada orang lain.
  3. Minat Eksploratif, minat ini menggambarkan perilaku seseorang
    yang selalu mencari informasi mengenai suatu produk yang
    diminatinya dan mencari informasi-informasi untuk mendukung
    sifat-sifat positif dari produk tersebut

No comments:

Post a Comment