Thursday, June 20, 2024

Pengertian Pemasaran

 


Pemasaran berasal dari kata pasar atau dapat diartikan pula dalam konteks
tradisional “tempat orang jual beli”.(Petri et al. n.d.) American Marketing
Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan
pelaksanaan rencana penetapan harga, promosi, dan distribusi dari ide-ide, barang-
barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-
tujuan individu dan organisasi.(Anon n.d.)
Sedangkan Philip Kotler yang menyatakan bahwa pemasaran adalah proses
sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai
satu sama lain.(Petri et al. n.d.) Stanton (2008:34) mengemukakan pengertian
pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk
yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.(Dinggon,
Lumanauw, and Trang 2015)
Dari definisi-definisi tersebut maka pemasaran merupakan usaha untuk
menggabungkan rencana-rencana dan strategi yang mengarah kepada pertukaran
produk dan nilai-nilai untuk memperoleh keuntungan. Kegiatan pemasaran
bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, dimana
kepuasan konsumen merupakan tujuan akhir dari pemasaran.

No comments:

Post a Comment