Thursday, June 20, 2024

Pengertian Sosial Media

 


Media Sosial yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang
dibangun berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang
memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh
penggunanya (Kaplan Andreas M. & Haenlein Michael, 2010:59). Beberapa media
sosial yang sangat digemari dan memiliki jutaan pengguna di Indonesia adalah
Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Blog, dan lainnya.(Nasih et al. n.d.)
Menurut (Aditya, 2015:51) media sosial adalah situs yang menjadi tempat orang-
orang berkomunikasi dengan teman-teman mereka, yang mereka kenal di dunia
nyata dan dunia maya. Media sosial dapat menimbulkan dampak yang nyata
terhadap peningkatan penjualan online (Solis, 2010:21). Sosial media marketing
merupakan bentuk periklanan secara online yang menggunakan konteks kultural
dari komunitas sosial meliputi jejaring sosial, dunia virtual, situs berita sosial, dan
situs berbagai pendapat sosial untuk menemui tujuan komunikasi (Tuten, 2008:19).
Pemasaran sosial media menurut Kotler dan Keller (2016) adalah “online
activites and programs designes to engage customers or prospects and directly or
indirectly raise awareness, improve image, or elicit sales of products and services”.
Media sosial merupakan suatu aktivitas komunikasi pemasaran dalam menarik
konsumen atau perusahaan dalam berbagai bentuk (gambar, tulisan, dll) untuk
meningkatkan kesadaran, citra perusahaan, dan untuk meningkatkan
penjualan.(Nasih et al. n.d.)

No comments:

Post a Comment