Menurut Kertamukti (2015:69) Selebriti adalah tokoh (aktor, penghibur,
atau atlet) yang dikenal karena prestasinya di dalam bidang – bidang yang berbeda
dari golongan produk yang didukungnya. Sedangkan selebriti pendukung
(celebrity endorser) adalah individu yang terkenal oleh publik atas prestasinya
selain daripada produk yang didukungnya. Menurut Shimp (2014:167), endorser
adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan untuk
mendukung suatu produk. Sedangkan selebriti adalah tokoh (aktor, penghibur atau
atlet) yang dikenal karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda dari
produk yang đidukungnya. Selebriti dipandang sebagai individu yang disenangi
oleh masyarakat dan memiliki keunggulan atraktif yang membedakannya dari
individu lain. Shimp (2014:168) berpendapat bahwa celebrity endorser adalah
menggunakan artis sebagai bintang iklan di media-media, mulai dari media cetak,
media sosial, maupun media televisi. Handri Candra (2008:93) menjelaskan
celebrity endorser adalah cara melakukan promosi produk dengan artis sebagai
tokoh pengiklan. Semakin ngetop seorang selebriti biasanya akan semakin banyak
fansnya. Karena sifat selebriti yang terkenal dan banyak pencintanya, maka
menggunakan selebriti sebagai endorser produk adalah salah satu cara untuk
menaikkan pamor produk anda. Cara ini banyak ditempuh oleh produsen
untuk menaikkan aware produk mereka
No comments:
Post a Comment