Tuesday, June 25, 2024

Pengertin Brand Image

 


Menurut Kotler & Keller dalam Chistania A.S.Wowur (2021) Brand
image merupakan asosiasi yang muncul dalam benak konsumen
ketika mengingat suatu brand tertentu. Menurut Kotler dan Keller
dalam Rifqoh Andini, dkk (2021) Brand image adalah persepsi dan
keyakinan yang dipegang oleh konsumen, seperti tercermin atau
melekat dalam benak dan memori konsumen. Brand image adalah
persepsi konsumen tentang suatu merek sebagai refleksi dari asosiasi
yang ada pada pikiran konsumen. Brand image itu sendiri memiliki
arti kepada suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen
secara massal. Brand image yang baik akan mudah meyakinkan dan
menambah preferensi terhadap suatu merek, jika image merek sudah
dibentuk dengan baik, maka konsumen akan semakin lebih mudah
dalam memutuskan pembelian produk.
Menurut Tjiptono dalam Ike Venessa, dkk (2017) brand image
adalah deskripsi asosiasi dan keyakinan yang dimiliki konsumen
terhadap suatu brand seperti yang dicerminkan di asosiasi atau di
ingatan konsumen.
Menurut Priansa dalam Chairul Nindya Hidayat (2021) brand image
adalah respons konsumen pada keseluruhan penawaran yang
diberikan oleh perusahaan. Brand image bersumber dari pengalaman
atau upaya komunikasi hingga penilaian ataupun pengembangan
terjadi pada suatu atau kedua hal tersebut. Brand image yang
bersumber dari pengalaman memberikan gambaran telah terjadi
keterlibatan antara konsumen dan brand. Brand image perusahaan
harus memperlihatkan idetitas merek melalui semua saran
komunikasi dan kontak brand yang tersedia. Salah satunya
membangun brand image dengan cara mempengaruhi dan
mempresentasikan keseluruhan persepsi yang baik terhadap merek
yang dibentuk dari informasi dan pengalaman-pengalaman masa lalu
terhadap suatu merek produk tersebut.

No comments:

Post a Comment