Thursday, June 20, 2024

Peran Celebrity Endorser

 


Seorang selebriti memiliki beberapa peran selebriti sebagai model iklan
atau disebut juga celebrity endorser yang bisa digunakan perusahaan dalam
sebuah iklan (Schiffman dan Kanuk, 2013:65-74):
a. Testimonial, seorang selebriti memberikan kesaksian tentang kualitas
maupun benefit dari produk atau merek yang diiklankan oleh selebriti
tersebut secara personal dan jujur dengan tujuan dapat mempengaruhi calon
konsumen.
b. Endorsement, seorang selebriti diminta untuk membintangi iklan dari suatu
produk dimana dia secara pribadi karena ahli dalam produk tersebut, namun
bisa juga kurang ahli dalam bidang tersebut tetapi memiliki impact yang
dapat mempengaruhi orang lain.
c. Actor, seorang selebriti diminta untuk mampu mempromosikan suatu produk
atau merek tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam
suatu program tayangan tertentu.
d. Spokesperson, seorang selebriti yang mempromosikan produk, merek atau
suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran
spokesperson karena peran maupun penampilan mereka akan diasosiasikan
dengan merek atau produk yang mereka wakili sehingga merek produk
tersebut bisa menyatu dengan peran endorser tersebut.

No comments:

Post a Comment