Wednesday, June 26, 2024

Strategi Pengembangan Merek (Branding Development Strategy)

 


Salah satu hal penting yang membedakan sebuah produk atau jasa dengan
para pesaing adalah merek/brand. Merek diartikan sebagai salah satu atribut yang
penting dari suatu produk, karena selain menjadi identitas produk, merek
mempunyai berbagai manfaat lainnya bagi konsumen yaitu dengan adanya brand
maka akan memudahkan para konsumen untuk membedakan produk atau jasa yang
dihasilkan oleh suatu perusahaan. Disamping itu, merek memberikan sebuah
jaminan bahwa kualitasnya tetap sama dimana pun produk tersebut didapatkan.
Dalam meningkatkan nilai sebuah produk, diperlukan sebuah strategi dalam
mengembangan merek, yaitu dengan mengaplikasikan strategi pengembangan
merek (Branding Development Strategy). Terdapat 4 (empat) strategi dalam
Branding Development Strategy yaitu: (Claessens, 2015 dalam www.marketing-
insider.eu).

  1. Line Extension
    Penggunaan dari brand sebuah produk untuk produk baru dalam
    kategori yang sama. Terjadi saat perusahaan memperkenalkan item
    tambahan dalam kategori produk yang sama seperti rasa baru, bentuk
    baru, warna baru, serta saat perusahaan memperluas lini produk mereka
    melampaui range mereka sendiri.
  2. Brand Extension
    Penggunaan dari brand yang sama dalam kategori produk yang berbeda,
    dengan tujuan untuk menaikkan dan mempengaruhi brand equity.
  3. Multibrands
    Dua atau lebih produk sejenis yang bersaing dalam perusahaan yang
    sama, tetapi berada di bawah merk yang berbeda dan tidak punya
    keterkaitan. Keuntungannya antara lain menyisakan sedikit tempat
    untuk brand competitor;
  4. New Brands, yaitu produk baru dalam kategori yang baru, serta belum
    pernah ada sebelumnya

No comments:

Post a Comment