Wednesday, June 26, 2024

Tingkatan Kesadaran Merek

 


Kesadaran merek (brand awareness) menurut Hermawan (2014: 57) dapat
dikategorikan menjadi 4 tingkatan, yaitu:

  1. Menyadari merek (Top-of-Mind Awareness). Top of mind awareness (TOMA)
    mengacu pada brand atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran
    konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.
  2. Mengingat kembali merek (Brand Recall). Brand recall, yang juga sering
    disebut unaided recall atau spontaneous recall, mengacu pada kemampuan
    konsumen untuk mengingat nama sebuah merek dari memori mereka
    berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, konsumen cukup mendengar
    kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk
    mengingat merek produk tersebut.
  3. Pengakuan Merek (Brand Recognition). Brand recognition, yang juga sering
    disebut aided recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu
    produk ketika mereka melihat produk tersebut. Belum tentu konsumen dapat
    mengingat nama mereka, tetapi mereka mengenalinya ketika melihat visual
    dari produk itu seperti tampilan, logo, slogan, ataupun warna.
  4. Tidak Menyadari Brand (Unware of Brand) adalah tingkat paling rendah dalam
    piramida brand awareness di mana konsumen tidak menyadari adanya suatu
    brand. 

No comments:

Post a Comment