Kesadaran merek (brand awareness) menurut Hermawan (2014: 57) dapat
dikategorikan menjadi 4 tingkatan, yaitu:
- Menyadari merek (Top-of-Mind Awareness). Top of mind awareness (TOMA)
mengacu pada brand atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran
konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu. - Mengingat kembali merek (Brand Recall). Brand recall, yang juga sering
disebut unaided recall atau spontaneous recall, mengacu pada kemampuan
konsumen untuk mengingat nama sebuah merek dari memori mereka
berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, konsumen cukup mendengar
kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk
mengingat merek produk tersebut. - Pengakuan Merek (Brand Recognition). Brand recognition, yang juga sering
disebut aided recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu
produk ketika mereka melihat produk tersebut. Belum tentu konsumen dapat
mengingat nama mereka, tetapi mereka mengenalinya ketika melihat visual
dari produk itu seperti tampilan, logo, slogan, ataupun warna. - Tidak Menyadari Brand (Unware of Brand) adalah tingkat paling rendah dalam
piramida brand awareness di mana konsumen tidak menyadari adanya suatu
brand.
No comments:
Post a Comment