Tuesday, June 18, 2024

Tingkatan Merek

 


Pada mulanya dorongan seseorang untuk memilih suatu merek yang
diinginkan, melakukan tindakan pemilihan di antara jenis barang atau jasa dengan
berbagai merek yang ada. Pemberian merek pada suatu produk hendaknya tidak
hanya berupa suatu simbol. Menurut Kotler dan Keller (2012:356) merek
merupakan suatu simbol yang rumit yang menjelaskan enam tingkatan makna,
yaitu :

  1. Atribut
    Sebuah merek diharapkan mengingatkan suatu atribut atau sifat-sifat tertentu
    dari suatu produk
  2. Manfaat
    Suatu merek lebih dari seperangkat atribut. Atribut harus diterjemahkan
    kedalam manfaat fungsional dan emosional
  3. Nilai
    Merek mencerminkan nilai yang dimiliki oleh produsen sebuah produk
  4. Budaya
    Merek mempersentasekan budaya tertentu
  5. Kepribadian
    Suatu merek dapat memproyeksikan pada suatu kepribadian tertentu
  6. Pengguna
    Merek mengelompokan tipe-tipe konsumen yang akan membeli atau
    mengkomsumsi suatu produk

No comments:

Post a Comment