Saturday, July 13, 2024

Aspek-Aspek Pembelian Impulsif

 


Berikut terdapat beberapa aspek penting dalam pembelian impulsif yang
dikemukakan oleh beberapa ahli. Menurut Verplanken & Hebaradi (Qitbiyah, 2015
: 20) mengemukakan aspek pembelian impulsif yaitu:
a. Aspek Kognitif
Aspek ini fokus pada konflik yang terjadi pada kognitif individu yang
meliputi:

  1. Kegiatan pembelian yang dilakukan tanpa pertimbangan harga suatu
    produk.
  2. Kegiatan pembelian tanpa mempertimbangkan suatu produk.
  3. Individu tidak melakukan perbandingan produk.
    b. Aspek Afektif
    Aspek ini fokus pada kondisi emosional konsumen yang meliputi:
  4. Adanya dorongan perasaan untuk segera melakukan dorongan
    pembelian.
  5. Adanya perasaan kecewa yang muncul setelah melakukan pembelian.
  6. Adanya proses pembelian yang dilakukan tanpa perencanaan.

No comments:

Post a Comment