Saturday, July 13, 2024

Tipe Pembelian Impulsif

 


Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen tidak memiliki rencana
mengenai suatu produk atau merek yang akan dibeli ketika memasuki toko.
Menurut Stren (Kusnawan, 2019 : 148) menyatakan bahwa terdapat beberapa tipe
pembelian impulsif yaitu:

  1. Impulsif Murni (Pure Impulse)
    Pembelian karena loyalitas terhadap sebuah merk yang mempengaruhi
    status sosial seseorang.
  2. Impulsif Pengingat (Reminder Impulse)
    Pembelian produk yang biasa dibeli tetapi tidak terdaftar dalam list
    belanja.
  3. Impulsif Saran (Suggestion Impulse)
    Suatu produk baru yang baru ditemui dan menstimulasi keinginan
    konsumen untuk mencobanya.
  4. Impulsif Terencana (Planned Impulse)
    Respon konsumen terhadap beberapa insentif yang diperoleh ketika
    membeli produk (diskon).

No comments:

Post a Comment