Thursday, July 11, 2024

Consumer’s esteem

 Self-esteem merupakan aspek evaluatif dari konsep diri yang merupakan

pandangan keseluruhan bahwa diri sendiri berharga atau tidak (Baumeister et al.,
2003). Evaluasi menggambarkan bagaimana penilaian individu tentang dirinya
sendiri, menunjukan penghargaan dan pengakuan atau tidak, serta menunjukkan
sejauh mana individu tersebut merasa mampu, sukses dan berharga.
Self-esteem merupakan salah satu kebutuhan manusia. Berdasar Maslow’s
hierarchy of needs, manusia memiliki lima tingkat kebutuhan dalam hidup, yaitu:
1) Kebutuhan fisiologis, 2) Kebutuhan akan rasa aman, 3) Kebutuhan sosial, 4)
Kebutuhan akan penghargaan, dan 5) Kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan akan
penghargaan oleh Maslow dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  1. Penghormatan atau penghargaan dari diri sendiri, yang merefleksikan
    kebutuhan individu akan penerimaan terhadap diri sendiri (self-
    acceptance), menghargai diri sendiri (self-esteem), kesuksesan, dan
    kepuasan pribadi.
  2. Penghargaan dari orang lain, meliputi kebutuhan akan status, reputasi,
    gengsi, dan pengakuan dari orang lain
    Ketika kebutuhan yang paling dasar sudah terpenuhi (kebutuhan fisiologis), maka
    manusia akan berusaha memenuhi kebutuhan yang ada di tingkat selanjutnya
    (Schiffman dan Wisenblit, 2015: 91)

No comments:

Post a Comment