Thursday, July 11, 2024

Definisi Promosi

 


Menurut Kotler dan Keller (2012 : 313) promosi adalah Adanya
penurunan harga pada product demi meningkatnya permintaan konsumen
untuk memenuhi persaingan dan terus mendidik pasar. Promosi bertujuan
untuk meningkatkan penjualan jauh dari cepat. Keuntungan akan
meningkat karena biaya dalam promosi tersebar rata di dalam perusahaan
dan biaya produksi unit turun lebih cepat daripada penurunan harga,
karena efek pembelajaran produsen sehingga dapat menguntungkan
perusahaan Kotler dan Keller (2016 : 313).
Menurut Amastrong dan Kotller (2015 : 38) Banyak perusahaan
mengikuti konsep penjualan dengan menggunakan promosi karena
konsumen tidak akan cukup membeli produk perusahaan kecuali
perusahaan melakukan upaya penjualan dan promosi skala besar. Konsep
penjualan biasanya dilakukan dengan barang yang tidak dibeliv barang
yang biasanya tidak terpikirkan oleh pembeli untuk dibeli, seperti
asuransi atau donor darah. Perusahaan harus pandai melacak prospek dan
menjualnya berdasarkan keuntungan produk Amastrong dan Kotller
(2015 : 38) .
Promosi penjualan digunakan untuk mempengaruhi perhatian
konsumen dengan memberi suatu informasi yang akan membawa
konsumen untuk membeli produk tersebut. Menurut Kotler dan Keller
(2016:623) pengelompokan jenis promosi penjualan merupakan alat yang
menawarkan intensif pada pembeli dan terdiri atas :

No comments:

Post a Comment