Thursday, July 11, 2024

Dimensi Promosi dan Indikator

 


Menurut Kotler dan Keller (2016 : 583), bauran promosi dapat di
jadikan alat ukur promosi, terdiri dari 5 alat ukut yaitu :

  1. Advertising (periklanan)
    Periklanan yaitu semua bentuk persentasi dan promosi nonpersonal
    yang dibayar oleh sponsor untuk mempersentasikan gagasan, barang
    atau jasa. Periklanan dianggap sebagai manajemen citra yang
    bertujuan menciptakan dan memelihara cipta dan makna dalam benak
    konsumen. Indikatornya yaitu :
    a. Broadcast
    b. Internet
  2. Sales promotion (promosi penjualan) Promosi penjualan yaitu
    insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau
    penjualan suatu produk atau jasa. Indikatornya yaitu :
    a. Discounts
    b. Events
    c. Displays
    d. Sweepstakes
    e. Coupons
  3. Personal selling (penjualan perseorangan)
    Penjualan perseorangan yaitu persentasi personal oleh tenaga
    penjualan dengan tujuan menghasilkan penjualan dan membangun
    hubungan dengan konsumen. Indikatornya yaitu :
    a. Trade shows
  4. Public relations (hubungan masyarakat) Hubungan masyarakat yaitu
    membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan
    supaya memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun
    citra perusahaan yang bagus, dan menangani atau meluruskan rumor,
    cerita, serta event yang tidak menguntungkan. Indikatornya yaitu:
    a. Sponsorships
    b. Web pages
  5. Direct marketing (penjualan langsung)
    Penjualan langsung yaitu hubungan langsung dengan sasaran
    konsumen dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan segera dan
    membina hubungan yang abadi dengan konsumen. Indikatornya yaitu:
    a. Catalogs

No comments:

Post a Comment