Menurut Kotler dan Keller (2016 : 583), bauran promosi dapat di
jadikan alat ukur promosi, terdiri dari 5 alat ukut yaitu :
- Advertising (periklanan)
Periklanan yaitu semua bentuk persentasi dan promosi nonpersonal
yang dibayar oleh sponsor untuk mempersentasikan gagasan, barang
atau jasa. Periklanan dianggap sebagai manajemen citra yang
bertujuan menciptakan dan memelihara cipta dan makna dalam benak
konsumen. Indikatornya yaitu :
a. Broadcast
b. Internet - Sales promotion (promosi penjualan) Promosi penjualan yaitu
insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau
penjualan suatu produk atau jasa. Indikatornya yaitu :
a. Discounts
b. Events
c. Displays
d. Sweepstakes
e. Coupons - Personal selling (penjualan perseorangan)
Penjualan perseorangan yaitu persentasi personal oleh tenaga
penjualan dengan tujuan menghasilkan penjualan dan membangun
hubungan dengan konsumen. Indikatornya yaitu :
a. Trade shows - Public relations (hubungan masyarakat) Hubungan masyarakat yaitu
membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan
supaya memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun
citra perusahaan yang bagus, dan menangani atau meluruskan rumor,
cerita, serta event yang tidak menguntungkan. Indikatornya yaitu:
a. Sponsorships
b. Web pages - Direct marketing (penjualan langsung)
Penjualan langsung yaitu hubungan langsung dengan sasaran
konsumen dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan segera dan
membina hubungan yang abadi dengan konsumen. Indikatornya yaitu:
a. Catalogs
No comments:
Post a Comment