Citra Merek diklasifikasikan dalam tiga tingkatan yaitu atributtes,
benefit, dan brand attitude, yang dapat dijelaskan sebagai berikut (Kotler
& Keller, 2016 : 22-28) :
- Atributtes
Atributtes merupakan suatu bentuk deskriptif yang memberikan
karakteristik pada produk dan layanan. Berdasarkan hubungannya
dengan produk dapat dibedakan menjadi atribut yang berkaitan
dengan produk dan atribut yang tidak berkaitan dengan dengan
produk. Atribut yang berkaitan dengan produk membentuk fungsi
produk atau layanan. Sedagkan atribut yang tidak berkaitan dengan
produk berhubungan dengan pembelian dan konsumsi. Seperti harga,
kemasan informasi, penampilan, produk, tipe orang yang
menggunakan dan situasi penggunaan. - Benefit
Benefit merupakan suatu penilaian pribadi konsumen terhadap atirbut
produk atau layanan. Manfaat ini dibedaka menjadi tiga, yaitu : a)
Manfaat Fungsional, manfaat fungsional merupaka keuntungan
intrinsik dari pemakaian produk dan jasa, biasanya berkaitan dengn
atribut produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen. b) Manfaat yang dialami, manfaat yang dialami berkaitan
dengan apa yang dirasakan pada saat menggunakan prouk atau jasa. c)
Manfaat simbolis, manfaat simbolis berhubungan dengan atribut yang
tidak berkaitan dengan produk serta berhubungan dengan kebutuhan
mendasar untuk masyarakat. - Brand Attitudes
Brand Attitudes berkaitan dengan evaluasi yang dilakukan secara
menyeluruh terhadap suatu merek dan membentuk dasar yang
digunakan konsumen dalam keputusan dan perilakunya. Objek yang
dievaluasi oleh konsumen adalah pada persepsi konsumen akan
kemampuan merek untuk memenuhi kebutuhan konsumen
No comments:
Post a Comment