Thursday, July 11, 2024

Tingkatan Citra Merek

 


Citra Merek diklasifikasikan dalam tiga tingkatan yaitu atributtes,
benefit, dan brand attitude, yang dapat dijelaskan sebagai berikut (Kotler
& Keller, 2016 : 22-28) :

  1. Atributtes
    Atributtes merupakan suatu bentuk deskriptif yang memberikan
    karakteristik pada produk dan layanan. Berdasarkan hubungannya
    dengan produk dapat dibedakan menjadi atribut yang berkaitan
    dengan produk dan atribut yang tidak berkaitan dengan dengan
    produk. Atribut yang berkaitan dengan produk membentuk fungsi
    produk atau layanan. Sedagkan atribut yang tidak berkaitan dengan
    produk berhubungan dengan pembelian dan konsumsi. Seperti harga,
    kemasan informasi, penampilan, produk, tipe orang yang
    menggunakan dan situasi penggunaan.
  2. Benefit
    Benefit merupakan suatu penilaian pribadi konsumen terhadap atirbut
    produk atau layanan. Manfaat ini dibedaka menjadi tiga, yaitu : a)
    Manfaat Fungsional, manfaat fungsional merupaka keuntungan
    intrinsik dari pemakaian produk dan jasa, biasanya berkaitan dengn
    atribut produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
    konsumen. b) Manfaat yang dialami, manfaat yang dialami berkaitan
    dengan apa yang dirasakan pada saat menggunakan prouk atau jasa. c)
    Manfaat simbolis, manfaat simbolis berhubungan dengan atribut yang
    tidak berkaitan dengan produk serta berhubungan dengan kebutuhan
    mendasar untuk masyarakat.
  3. Brand Attitudes
    Brand Attitudes berkaitan dengan evaluasi yang dilakukan secara
    menyeluruh terhadap suatu merek dan membentuk dasar yang
    digunakan konsumen dalam keputusan dan perilakunya. Objek yang
    dievaluasi oleh konsumen adalah pada persepsi konsumen akan
    kemampuan merek untuk memenuhi kebutuhan konsumen

No comments:

Post a Comment