Thursday, July 11, 2024

Dimensi dan Indikator Citra Merk

 


Keller (2016:193) menyebutkan pengukuran citra merek (brand
image) dapat dilakukan berdasarkan beberapa aspek, yaitu :
a. Strength of brand association
Semakin dalam individu berpikir tentang informasi produk dan
menghubungkannya dengan pengetahuan merek yang ada, maka
semakin kuat asosiasi merek yang akan dihasilkan.
b. Favorable of brand association
Favourable mengarah pada kemampuan merek tersebut untuk mudah
diingat oleh pelanggan. Favorable adalah asosiasi-asosiasi yang dapat
diharapkan oleh pelanggan sasaran dan disampaikan secara sukses
oleh sebuah produk melalui program komunikasi pemasaran yang
mendukung merek produk tersebut.
c. Uniquess of brand association
Aspek uniqueness bergantung pada dua faktor yaitu sejauh mana
asosiasi merek produk yang dibawakan oleh program komunikasi
pemasaran memiliki unsur kesamaan/keseimbangan jika
dibandingkan dengan asosiasi merek produk lainnya dan sejauh mana
program komunikasi pemasaran memiliki unsur perbedaan jika
dibandingkan dengan asosiasi merek produk lainnya

No comments:

Post a Comment