Monday, July 1, 2024

Empat Perspektif Kreativitas

 


Plucker dan Renzulli (1999) menyatakan bahwa muncul empat perspektif
pengukuran kreativitas dalam perkembangan penelitian tentang kreativitas. Empat
perspektif tersebut, yaitu investigasi mengenai proses kreatif (perspektif proses
kreatif), kepribadian dan perilaku yang berhubungan dengan kreativitas (perspektif
individu kreatif), karakteristik dari produk kreatif (perspektif produk kreatif), dan
atribut dari pembinaan kreativitas dalam lingkungan (perspektif lingkungan kreatif).
Penelitian ini berfokus pada perspektif produk kreatif. Hal tersebut sesuai
dengan pernyataan bahwa pada setting organisasi, banyak peneliti kontemporer dan
teoritikus telah mengadopsi sebuah definisi yang berfokus pada produk atau outcome
dari sebuah proses pengembangan produk (Amabile, Shalley, Pareek, dalam Mishra
& Singh, 2010). Lalu, definisi product-oriented, daripada definisi lain, adalah paling
tepat dan sebagian besar didukung oleh peneliti yang bergerak di bidang psikologi
organisasi karena pendekatan lain memiliki kompleksitas dalam observasi dan
assessment (Amabile, dalam Mishra & Singh, 2010). Selanjutnya, Tierney dan
Farmer (2002) dalam penelitiannya menyatakan bahwa untuk memperoleh kinerja
kreatif, mereka mengandalkan definisi product-oriented yang telah digunakan dalam
studi empiris, yang memposisikan kreativitas sebagai pembangkitan dari domain-
spesifik, hasil yang novel dan berguna.

No comments:

Post a Comment