Monday, July 15, 2024

Faktor-Faktor Packaging Design

 


Faktor-faktor desain kemasan Menurut Kaihatu (2014:7-10), faktor-faktor
yang harus ada untuk menjalankan fungsi desain kemasan adalah:

  1. Faktor Pengaman
    Kemasan harus memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan.
    Kemasan dapat melindungi produk dalam perjalanan pengiriman.
  2. Faktor Ekonomi
    Kemasan merupakan suatu cara meningkatkan laba perusahaan.
    Oleh karena itu, kemasan harus dibuat seunik dan semenarik mungkin untuk
    memikat pelanggan.
  3. Faktor Pendistribusian
    Kemasan harus mudah didistribusikan kemana saja sampai ke
    tingkat konsumen.
  4. Faktor Informasi dan komunikasi
    Kemasan dapat mencerminkan produk dan citra merek. Oleh karena
    itu, kemasan harus mudah dilihat, dipahami, dan diingat. Dengan kemasan,
    identifikasi produk menjadi lebih efektif dan secara otomatis menjadi
    pembeda dengan produk pesaing.
  5. Faktor Ergonomi
    Kemasan harus mudah dibawa, dipegang, dibuka, dan mudah
    diambil. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pemakai produk atau
    konsumen.
  6. Faktor Estetika
    Kemasan harus memiliki bentuk unik dan menarik, sehingga
    menjadi pembeda di tengah persaingan merek. Penggunaan warna, bentuk,
    merek/logo, ilustrasi, huruf, dan tata letak dapat dipergunakan untuk
    mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.
  7. Faktor Identitas
    Kemasan dapat menjadi ciri khas produk karena memiliki perbedaan
    dengan pesaing. Identitas yang akan membedakan kemasan yang satu
    dengan yang lain. Hal ini penting karena sebagai representasi visual
    meliputi: nama dan merek produk, logo, warna, desain, dan elemen lainnya

No comments:

Post a Comment