Monday, July 15, 2024

Indikator Packaging Design

 


Shimp dan Andrews (2013) menyatakan bahwa kemasan dapat menjalankan
fungsinya dengan baik, maka terdapat beberapa indikator pada desain kemasan
yaitu:

  1. Visibilitas (Visibility)
    Terkait dengan kemampuan suatu kemasan untuk menarik perhatian
    pada point-point pembelian. Tujuannnya untuk memiliki kemasan yang
    menonjol dari yang lain di atas rak, sehingga ia dapat membantu citra
    merek.
  2. Informasi (Information)
    Berhubungan dengan instruksi pemanfaatan produk, berbagai
    keuntungan yang disebut slogan serta informasi tambahan yang dihadirkan
    pada atau di dalam kemasan (seperti resep masakan dan berbagai promosi
    penjualan).
  3. Daya Tarik Emosional (Emotional appeal)
    Kemampuan kemasan untuk menimbulkan perasaan ingin atau
    suasana hati mendukung. Membangkitkan perasaan tertentu (elegan,
    prestise, keceriaan, senang, nostalgia, dll) dengan penggunaan warna,
    bentuk, material dan lainnya.
  4. Dan Daya Kemampuan untuk Bekerja (Workability).
    Merujuk fungsi kemasan lebih dari sekedar cara berkomunikasi.
    Beberapa masalah workability yang cukup menonjol.
    Dalam jurnal yang diteliti oleh Dhurup, Mafini dan Dumasi (2014) terdapat
    beberapa indikator pada kemasan yang dijelaskan sebagai berikut:
  5. Bahan
    Material yang digunakan relative tidak mudah rusak dan sanggup
    menjaga isi kemasan.
  6. Logo dan label
    Merek dagang, logo perusahaan dan label berisikan informasi
    produk sebaiknya tertera pada kemasan sehingga memudahkan konsumen
    dalam pencarian produk dan memberikan informasi secara lengkap.
  7. Warna
    Salah satu indikator pada kemasan yang sangat cepat direspon oleh
    visual konsumen.
  8. Ukuran
    Suatu kemasan pada umumnya disesuaikan dengan isi dari kemasan
    tersebut baik ukuran panjang, lebar ataupun tipis tebalnya.
  9. Daya tarik desain
    Sebaiknya kemasan suatu produk tidak hanya seimbang dari sisi
    bentuk dan fungsinya tetapi juga sanggup memberikan daya tarik bagi
    konsumen

No comments:

Post a Comment