Monday, July 15, 2024

Faktor – Faktor Shopping Lifestyle

 


Menurut Utami (2012: 49) ada enam faktor Gaya Hidup (Shopping
Lifestyle), antara lain:

  1. Adventure Shopping
    Konsumen berbelanja karena adanya sesuatu yang dapat
    membangkitkan gairah belanja, merasa bahwa berbelanja adalah suatu
    pengalaman dan dengan berbelanja mereka merasa memiliki dunia sendiri.
  2. Social Shopping
    Konsumen beranggapan bahwa kenikmatan dalam berbelanja akan
    tercipta ketika mereka menghabiskan waktu bersama-sama dengan
    keluarga atau teman. Selain itu juga ada yang merasa bahwa berbelanja
    adalah suatu kegiatan sosialisai, baik itu antar konsumen maupun dengan
    para pegawai. Selain itu juga mereka beranggapan bahwa dengan
    berbelanja dengan keluarga ataupun teman, akan memberikan banyak
    informasi lebih mengenai produk yang akan dibeli.
  3. Gratification Shopping
    Konsumen beranggapan bahwa berbelanja merupakan salah satu
    alternative untuk mengatasi stress, mengatasi suasana hati yang sedang
    buruk dan berbelanja sebagai sesuatu yang special untuk dicoba dan
    sebagai sarana untuk melupakan masalah yang sedang dihadapi.
  4. Idea Shopping
    Konsumen berbelanja untuk mengituti trend fashion baru, dan untuk
    melihat produk serta inovasi baru. Biasanya konsumen berbelanja karena
    melihat sesuatu yang baru di iklan.
  5. Role Shopping
    Konsumen lebih suka berbelanja untuk orang lain daripada untuk
    dirinya sendiri. Mereka merasa bahwa berbelanja untuk orang lain sangat
    menyenangkan daripada untuk dirinya sendiri.
  6. Value Shopping
    Konsumen menganggap bahwa berbelanja merupakan suatu
    permainan yaitu pada saat tawar-menawar maupun pada saat mencari
    tempat berbelanja yang menawarkan diskon, obral, atau tempat berbelanja
    dengan harga yang murah

No comments:

Post a Comment