Thursday, July 11, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying

 


Menurut Aruna & Santhi (2015) faktor-faktor yang mempengaruhi
pembelian impulsif, yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor Internal
    a. Emosi (Emotion)
    Emosi didefinisikan sebagai faktor yang sangat mempengaruhi
    pembelian impulsif. Emosi konsumen juga dapat mempengaruhi
    sebuah pembelian, dimana seorang konsumen yang merasa happy akan
    melakukan pembelian lebih banyak dibandingkan dengan orang yang
    sedang tidak happy. Seperti halnya Mood, mood adalah bagian dari
    emosi. Mood sangat mudah dipengaruhi. Mood juga datang dan
    menghilang secara tiba-tiba
    b. Keinginan Berbelanja (Hedonic Pleasure)
    Keinginan berbelanja sering berdampingan dengan intensitas keadaan.
    Pengalaman hedonis konsumen belum diteliti secara meluas. Perilaku
    Pembelian impulsif konsumen secara individu berhubungan dengan
    keinginan memenuhi kebutuhan agar dirinya terlihat hedonic, yaitu
    kesenangan, bahagia, puas, hal-hal baru, dan kejutan.
    c. Kognitif (Cognitive) Kognitif lebih mengacu pada proses berpikir
    dimana didalamnya terdapat pengetahuan (knowledge), arti atau
    maksud (meaning) dan kepercayaan (belief).
    d. Afektif (Affective) Afektif biasanya segera berpengaruh dan secara
    otomatis terhadap aspek–aspek dari emosi (emotions) dan perasaan
    (feeling states)
  2. Faktor Eksternal
    Sebagian besar konsumen lebih memilih daya fisik suatu toko dari pada
    kualitas barang dan harga. Konsumen akan menghindari sebuah toko jika
    setting toko tersebut mengundang stress atau tidak indah dipandang mata

No comments:

Post a Comment