Menurut Adji & Samuel (2014) mengemukakan bahwa pembelian
impulsif dapat dikategorikan dalam empat kategori, yaitu:
- Impuls murni (pure impulse)
Pengertian ini mengacu pada tindakan pembelian sesuatu karena alasan
menarik, biasanya ketika pembelian terjadi karena ketertarikan terhadap
suatu merek atau perilaku pembelian yang telah biasa dilakukan.- Impuls pengingat (reminder impulse)
Tindakan pembelian ini dikarenakan suatu produk yang memang sudah
biasa dan selalu dibeli oleh konsumen, tetapi terkadang teringat pada saat
melihat barang tertentu dan tidak tercatat dalam daftar belanja.
- Impuls pengingat (reminder impulse)
- Impuls saran (suggestion impulse)
Salah satu produk yang dilihat konsumen atau karena menerima info dari
orang tertentu untuk mencoba suatu barang untuk pertama kali. - Impuls terencana (planned impulse)
Aspek perencanaan dalam perilaku ini menunjukkan respon konsumen
terhadap beberapa insentif spesial untuk membeli produk yang
diantisipasi. Impuls ini biasanya disebabkan oleh pengumuman penjualan
diskon, bonus belanja, atau penawaran yang membuat konsumen tertarik
lainnya
No comments:
Post a Comment