Thursday, July 11, 2024

Jenis-Jenis Kategori Impulse Buying

 


Menurut Adji & Samuel (2014) mengemukakan bahwa pembelian
impulsif dapat dikategorikan dalam empat kategori, yaitu:

  1. Impuls murni (pure impulse)
    Pengertian ini mengacu pada tindakan pembelian sesuatu karena alasan
    menarik, biasanya ketika pembelian terjadi karena ketertarikan terhadap
    suatu merek atau perilaku pembelian yang telah biasa dilakukan.
    • Impuls pengingat (reminder impulse)
      Tindakan pembelian ini dikarenakan suatu produk yang memang sudah
      biasa dan selalu dibeli oleh konsumen, tetapi terkadang teringat pada saat
      melihat barang tertentu dan tidak tercatat dalam daftar belanja.
  2. Impuls saran (suggestion impulse)
    Salah satu produk yang dilihat konsumen atau karena menerima info dari
    orang tertentu untuk mencoba suatu barang untuk pertama kali.
  3. Impuls terencana (planned impulse)
    Aspek perencanaan dalam perilaku ini menunjukkan respon konsumen
    terhadap beberapa insentif spesial untuk membeli produk yang
    diantisipasi. Impuls ini biasanya disebabkan oleh pengumuman penjualan
    diskon, bonus belanja, atau penawaran yang membuat konsumen tertarik
    lainnya

No comments:

Post a Comment