Menurut Chusniasari & Prijati (2015) pembelian berdasar impuls
mungkin memiliki satu atau lebih karakteristik ini:
- Berbelanja banyak bila ada tawaran khusus.
- Membeli pakaian model terbaru walaupun mungkin tidak sesuai.
- Saat berbelanja produk fashion tanpa berpikir panjang dulu sebelumnya.
- Membelanjakan uang untuk produk fashion.
- Membeli produk fashion meskipun tidak begitu membutuhkan.
Adapun indikator impulse buying menurut Budiono, Cholifah, & Istanti
(2017) adalah : - Spontanitas
Konsumen melihat sebuah produk atau barang di toko kemudian mereka
memutuskan untuk membeli sehingga tidak ada daftar dalam belanja
sebelum konsumen tersebut datang ke sebuah tempat belanja. - Dorongan untuk membeli dengan segera
Konsumen membeli produk dengan adanya motivasi untuk
mengesampingkan hal-hal lain dan bertindak secepatnya. - Kesenangan dan stimulasi
Konsumen membeli produk dengan keinginan membeli tiba-tiba ini sering
kali dikuti oleh emosi sehingga terjadi dorongan untuk membeli dengan
segera. - Ketidakpedulian akan akibat
Konsumen Pada saat berbelanja atau membeli barang seringkali tanpa
berfikir kedepannya, sehingga seringkali barang yang dibeli adalah barang
yang tidak dibutuhkan
No comments:
Post a Comment