Wednesday, July 10, 2024

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

 


Kinerja yang baik atau tidak dapat di analisis melalui faktor-faktor yang
mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh
beberapa faktor menurut Duha (2018), yaitu motivasi, budaya organisasi, gaya
kepemimpinan, prosedur kerja, komunikasi, tingkat pendidikan, pengalaman
kerja, kompensasi, pelatihan, pengembangan karir, promosi jabatan, loyalitas,
lingkungan fisik, iklim organisasi, konflik, komitmen organisasi, serta efektivitas
organisasi. Faktor-faktor yang telah dikemukakan oleh Duha (2018) telah cukup
meyakinkan bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.
Manurut Payaman S Simanjuntak dalam Busro dan Daryanto (2017: 12),
kinerja setiap orang dipengaruhi oleh banyak faktor yang dapat digolongkan
dalam tiga kelompok, yaitu kompetensi individu orang yang bersangkutan,
pendidikan, dukungan organisasi, dan dukungan manajemen.

  1. Faktor kompetensi individu
    a. Kemampuan dan keterampilan kerja
    Kemampuan dan keterampilan kerja setiap orang dipengaruhi oleh
    Kesehatan fisik dan jiwa individu yang bersangkutan, Pendidikan,
    akumulasi pelatihan, serta pengalaman kerjanya.
    b. Motivasi dan etos kerja
    Motivasi dan etos kerja sangat penting untuk mendorong semangat
    kerja. Motivasi dan etos kerja dipengaruhi oleh latar belakang keluarga,
    lingkungan masyarakat, budaya, dan nilai-nilai agama yang diambilnya.
    Seseorang yang melihat pekerjaan sebagai beban dan keterpaksaan akan
    mempunyai kinerja yang rendah. Sebaliknya, seseorang yang
    memandang pekerjaan sebagai kebutuhan, tantangan, dan prestasi akan
    menghasilkan kinerja yang tinggi.
  2. Faktor dukungan organisasi
    Kinerja setiap orang juga tergantung pada dukungan organisasi dalam
    bentuk pengorganisasian, penyediaan sarana dan prasarana kerja, pemilihan
    teknologi, kenyamanan lingkungan kerja, serta kondisi dan syarat kerja.
    Pengorganisasian dimaksudkan untuk memberi kejelasan bagi setiap orang
    tentang sasaran yang harus dicapai dan apa yang harus dilakukan untuk
    mencapai sasaran tersebut. Setiap orang perlu memiliki dan memahami
    uraian jabatan dan tugas yang jelas.
  3. Faktor dukungan manajemen
    Kinerja perusahaan dan kinerja setiap orang juga sangat tergantung pada
    kemampuan manajerial para manajemen atau pimpinan, baik dengan
    membangun sistem kerja dan hubungan industrial yang aman dan harmonis,
    maupun dengan mengembangkan kompetensi pekerja, pengembangan
    kompetensi dapat dilakukan dengan pelatihan, demikian juga dengan
    menumbuhkan motivasi dan mobilitas seluruh karyawan untuk bekerja
    secara optimal

No comments:

Post a Comment