Saturday, July 13, 2024

Faktor- Faktor yang mempengaruhi Pembelian Impulse buying

 


Faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying ada yaitu:

  1. Produk
    Dengan karakteristik harga murah, kebutuhan kecil atau marginal, produk jangka pendek,
    ukuran kecil, dan toko yang mudah dijangkau.
  2. Pemasaran atau marketing
    Yang meliputi distribusi dalam jumlah banyak outlet yang self service, iklan melalui media
    massa yang sangat sugestibel dan terus menerus, iklan dititik penjualan, posisi display dan
    lokasi yang menonjol.
  3. Karakteristik konsumen
    Seperti kepribadian, jenis konsumen, sosial demografi atau karakteristik sosial. Berdasarkan
    hal di atas maka dapat disimpulkan bahwa impulse buying dipengaruhi oleh berbagai faktor
    internal dan eksternal dapat dijelaskan dibawah ini.
    a.faktor internal
    Faktor internal seperti emosi positif yang akan memotivasi konsumen dalam melakukan
    pembelian, sedangkan emosi negatif justru akan menghambat proses pembelian. Emosi pada
    umumnya di picu oleh peristiwa lingkungan.
    Menurut Solomon suasana hati atau emosi seseorang atau kondisi psikologis pada saat
    pembelian dapat memiliki dampak besar pada apa yang dia beli atau bagaimana ia menilai
    pembeliannya. Ketika seorang konsumen merasakan suasana yang baik ketika berbelanja
    maka konsumen tersebut akan merasa nyaman dan timbullah emosi positif dalam
    dirinya.(dalam Sukma, 2012)
    Menurut Utami (2010) manusia mengeskpresikan emosi dalam tiga dimensi. Pertama,
    menyenangkan – tidak menyenangkan (pleasure –displeasure).
    Kedua, menggairahkan – tidak menggairahkan (arousal – nonarousal).
    Ketiga, dominan – patuh (dominance – submissivennes)
    b.faktor eksternal
    Faktor ekternal yang berupa stimulus yang diciptakan di dalam lingkungan toko, seperti
    barang-barang, promosi insentif, harga, fasilitas fisik berupa: pencahayaan, musik, dan
    aroma

No comments:

Post a Comment