Saturday, July 13, 2024

Pengertian Impulse Buying

 


Pembelian impulsif merupakan suatu pembelian yang terjadi akibat adanya keinginan
yang kukuh untuk membeli sesuatu secepatnya yang biasanya dilakukan dengan tidak
memikirkan konsekuensi yang diterimanya.
Menurut Iyer(Faishal Fahd,2015) yang dibuktikan sebagai suatu kegiatan pembelian
yang berhubungan dengan lingkungan dan keterbatasan waktu dalam berbelanja, dimana rute
pembelian yang mereka lakukan semestinya berbeda.Rute tersebut dapat dibedakan
melalui hirarki impulse yang memperlihatkan bahwa perilaku di dasarkan pada respon
afektif yang dipengaruhi oleh perasaan yang kuat impulse buying,sehingga terjadi ketika
terdapat perasaan positif yang sangat kuat yang kemudian diikuti oleh sikap pembelian.
Menurut Rook dan Fisher(Sukma,2012)pembelian impulsif adalah kecendrungan
konsumen untuk melakukan pembelian secara spontan, tidak terefleksi, secara terburu-
buru didorong oleh aspek psikologis emosional terhadap suatu produk dan tergoda oleh
persuasi dari pemasar. Rook juga menjelaskan bahwa pembelian impulsif terjadi ketika
konsumen mengalami pengalaman tiba-tiba, memiliki dorongan yang kuat dan keras hati
untuk membeli sesuatu dengan segera

No comments:

Post a Comment