Thursday, July 11, 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 


Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh keadaan dan situasi
lapisan masyarakat dimana ia dilahirkan dan berkembang. Berarti
konsumen berasal dari lapisan masyarakat atau lingkungan yang
berbeda dan mempunyai penilaian, kebutuhan, pendapat, sikap dan
selera yang berbeda-beda juga, sehingga pengambilan keputusan dalam
tahap pembelian akan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen menurut Kotler (2008:25) terdiri
dari:
a. Faktor Budaya
Faktor budaya berpengaruh luas dan mendalam terhadap perilaku
konsumen. Faktor kebudayaan terdiri dari: budaya, sub-budaya,
kelas sosial.
b. Faktor Sosial
Selain faktor budaya, perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh
faktor-faktor sosial seperti kelompok acuan, keluarga serta status
sosial.
c. Faktor Pribadi
Faktor pribadi memberikan kontribusi terhadap perilaku konsumen
terdiri dari: usia dan tahap siklis hidup, pekerjaan, lingkungan
ekonomi, gaya hidup, kepribadiaan, konsep diri.
d. Faktor Psikologi
Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi oleh empat faktor
psikologi utama yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, serta
keyakinan dan pendirian

No comments:

Post a Comment