Thursday, July 11, 2024

Impulse Buying

 


Menurut Sari (2017) Pembelian Impulsif (pembeli tidak terencana)
merupakan perilaku pembelian tidak terencana pada konsumen yang
dikarakteristikkan dengan pengambilan keputusan yang relatif cepat dan pengaruh
subyektif dalam pemenuhan kebutuhan. Hal ini biasa terjadi pada produk-
produk low involment yang selalu tidak memerlukan pertimbangan yang rumit
untuk membelinya. Produk lowinvolvement adalah produk yang dibeli secara
rutin dengan pemikiran dan usaha yang minimum, karena bukan merupakan suatu
hal yang vital dan juga tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap gaya
hidup konsumen. Sedangkan Menurut Andriany & Arda (2019) Impulse buying
merupakan pembelian saat itu juga yang tidak direncanakan, berdasar pada tindakan
yang sangat kuat dan dorongan keras untuk langsung membeli suatu barang
Pembelian konsumen berdasarkan segi perencanaan dikategorikan ke dalam
pembelian terencana (planned purchasing) dan pembelian tak terencana
(unplanned purchasing/impulse buying behavior). Pembelian impulsif atau
dadakan sering terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Secara garis besarnya,
pembelian impulsif terjadi karena pembelian yang dilakukan secara spontan tanpa
adanya perencanaan sebelumnya.
Menurut Budiono, Cholifah, & Istanti (2017) Pembelian impulsif adalah
suatu kegiatan pembelian yang dilakukan secara mendadak tanpa direncanakan
sebelumnya bahwa variabel in-store promotion yang terdiri dari sales promotion,
store display, dan personal selling berpengaruh signifikan secara simultan dan
parsial terhadap impulse buying pada konsumen Ramayana Department Store
Sidoarjo. Dan variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap impulse buying
pada konsumen Ramayana Department Store Sidoarjo atau keputusan pembelian
dilakukan pada saat berada didalam toko.
Menurut Chusniasari & Prijati (2015) impulse buying di artikan sebagai
pembelian yang dilakukan secara tiba-tiba dan segera tanpa ada minat atau niat
untuk melakukan pembelian sebelumnya. Sedangkan menurut Wu et al (2016:286)
“Impulse buying can be described as making a unplanned and sudden purchase
decision, which is driven from specific environmental stimuli/cues on the spot, and
are accompanied by a strong feelings of 31 pleasure and excitement”. Dapat di
artikan bahwa pembelian impulsif dapat digambarkan sebagai membuat keputusan
pembelian yang tidak direncanakan dan tiba-tiba, yang didorong dari
rangsangan/isyarat lingkungan tertentu saat itu juga dan disertai dengan perasan
senang dan gembira yang kuat.

No comments:

Post a Comment