Saturday, July 13, 2024

Kecenderungan Konsumsi Hedonik

 


Hirschman dan Holbrook dalam Park et al., (2006) menyatakan bahwa
konsumsi hedonik adalah salah satu segi dari perilaku konsumen yang
berhubungan dengan aspek multi-sensori, fantasi, dan emosi dalam
pengalaman yang dikendalikan oleh berbagai manfaat seperti kesenangan
dalam menggunakan produk.
Sherry (1990) dalam Park et al., (2006) mengatakan tawar menawar
merupakan bentuk pengalaman berbelanja yang berhubungan dengan kenikmatan
dalam berbelanja. Hal ini menyimpulkan bahwa pengalaman berbelanja
mungkin menjadi lebih penting dibanding sekedar memperoleh produk.
Konsumen dalam berbelanja juga didorong oleh motivasi hedonis yang tidak
hanya berkaitan belanja karena hanya membeli tetapi juga menghabiskan waktu
dengan teman-teman, mengikuti tren dan diskon terbaru. Hal ini membutuhkan
stimulus pada sensorik dan gratifikasi, serta terlibat dalam aktivitas fisik seperti
untuk motif pribadi atau sosial (Tauber1972 dalam Gultekin dan Ozer, 2012).
Pembelian impulsif memainkan peran penting dalam memenuhi keinginan
hedonis yang terkait dengan konsumsi hedonis (Hausman, 2000; Piron, 1991;
Rook, 1987 dalam Park et al., 2006). Peran ini mendukung hubungan konseptual
antara motivasi hedonis belanja dan perilaku pembelian impulsif. Artinya,
konsumen lebih mungkin terlibat dalam pembelian impulsif ketika mereka
termotivasi oleh keinginan hedonis atau dengan alasan non ekonomi, seperti
menyenangkan, fantasi, dan sosial atau kepuasan emosional (Hausman, 2000;
Rook, 1987). Tujuan dari pengalaman belanja adalah untuk memenuhi kebutuhan
hedonik, produk yang dibeli selama kunjungan tampaknya dipilih tanpa
perencanaan sebelumnya dan mewakili suatu peristiwa pembelian impulsif.
Perilaku pembelian impulsif berorientasi fashion termotivasi oleh versi baru dari
gaya fashion dan arti penting citra merek yang mendorong konsumen sebagai
pengalaman belanja hedonik (Goldsmith dan Emmert, 1991 dalam Park, 2006).
Peran ini mendukung hubungan konseptual antara motivasi hedonik
belanja dan perilaku pembelian impulsif. Selain itu, kecenderungan konsumsi
hedonik dapat bertindak sebagai mediator untuk menentukan terjadinya perilaku
pembelian impulsif (Park et al.,2006)

No comments:

Post a Comment