Saturday, July 13, 2024

Pengertian Atmosfer Toko

 


Menurut utami, (2010;255) Suasana toko ( Store Atmosfer ) merupakan kombinasi
dari karakteristik fisik toko seperti arsitektur, tata leta, pencahayaan, pemajangan, warna,
music, aroma yang secara menyeluruh akan menciptakan citra dalam benak konsumen,
melalui suasana toko yang sengaja diciptakan para ritel, ritel harus berupaya untuk
mengkomunikasikan informasi yang terkait dengan layanan, harga maupun ketersediaan
barang-barang dagang yang bersifat fashionable.
Menurut Ma’ruf, Atmosfer dalam toko yang nyaman membuat konsumen nyaman
dalam memilih barang belanjaan. Oleh karena itu semakin nyaman sebuah toko, maka
semakin lama konsumen menghabiskan waktu di dalam toko dan itu memperbesar peluang
impulse buying, dan atmosfer toko merupakan salah satu marketing mix dalam gerai yang
berperan penting dalam memikat pembeli, membuat mereka nyaman dalam memilih barang
belanjaan, dan mengingatkan mereka produk apa yang ingin dimiliki baik untuk keperluan
pribadi, maupun untuk keperluan rumah tangga.(dalam Hafizh)
Berdasarkan beberapa definisi dapat disimpulkan bahwa atmosfer toko merupakan
salah satu bagian dari bauran ritel yang memiliki arti yang sangat penting dalam
menjalankan bisnis ritel. Dengan adanya suasana toko yang baik, maka akan menari
pengunjung dan melakukan pembelian.

No comments:

Post a Comment