Sunday, July 14, 2024

Manfaat Kepuasan Pelanggan

 


Adapun manfaat-manfaat yang dapat diraih ketika pelanggan merasa puas
adalah sebagai berikut (Tjiptono, 2008):

  1. Hubungan antar perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
    Fokus pada kepuasan pelanggan akan mempertahankan pelanggan dari
    serangan gencar para pesaing. Banyak pelanggan yang bersedia membayar
    lebih mahal untuk mendapatkan kualitas kepuasan yang lebih.
  2. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
    Berbagai studi menunjukkan bahwa mempertahankan dan memuaskan
    pelanggan saat ini lebih murah bila dibandingkan dengan memprospek
    pelanggan baru secara terus menerus.
  3. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan
    Upaya mempertahankan loyalitas pelanggan dalam waktu yang lama bisa
    menghasilkan anuitas yang lebih besar daripada pembelian individual.
  4. Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang
    menguntungkan bagi perusahaan.
    Dalam banyak industri, pendapat atau opini teman jauh lebih persuative dan
    kredibel dibandingkan dengan iklan

No comments:

Post a Comment