Thursday, July 11, 2024

New Product Knowledge

 


Ketika melakukan suatu pembelian, seorang konsumen sering mengandalkan
ingatan ataupun pengalaman untuk membuat suatu keputusan. Konsumen memiliki
tingkat pengetahuan produk yang berbeda, yang dapat dipergunakan untuk
menerjemahkan informasi baru dan membuat pilihan pembelian (Peter dan Olson,
2000: 67).
Beatty dan Smith (1987) dalam Lin dan Lin (2007) mendefinisikan
pengetahuan produk (product knowledge) sebagai persepsi yang dimiliki konsumen
terhadap produk tertentu, termasuk pengalaman sebelumnya menggunakan produk
tersebut. Menurut Engel et al. (1994), pengetahuan produk adalah informasi yang
disimpan di dalam ingatan mengenai kategori produk, seperti merek di dalam
kategori produk tersebut, terminologi produk, atribut produk, dan keyakinan
mengenai kategori produk dan merek spesifik. Flynn dan Goldsmith (1999) dalam
Harmancioglu et al. (2009) mengatakan, terdapat tiga tipe dasar pengetahuan
konsumen, yaitu:

  1. Pengetahuan subyektif, yaitu informasi yang diyakini konsumen telah ia
    miliki mengenai suatu perusahaan maupun produk-produknya.
  2. Pengetahuan obyektif, yaitu informasi yang benar-benar tersimpan dalam
    memori konsumen mengenai suatu perusahaan maupun produk-produknya.
  3. Pengetahuan berdasar pengalaman, merupakan pengalaman sebelumnya
    dari pembelian atau penggunaan produk

No comments:

Post a Comment