Saturday, July 13, 2024

Pengertian Pemasaran

 


“ Pemasaran adalah suatu kegiatan atau aktivitas penting yang dimiliki
suatu perusahaan untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan.
Aktivitas pemasaran dilakukan untuk menciptakan perputaran yang
memungkinkan perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup baik
untuk berkembang maupun mendapat keuntungan. Dalam kehidupan sehari-
hari senantiasa dikelilingi oleh usaha pemasaran dari berbagai perusahaan yang
memasarkan produk dan atau jasa. America Marketing Association (AMA)
dalam Kotler dan Keller (2016) mengatakan bahwa pemasaran merupakan
fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, berkomunikasi,
dan memberi nilai dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang
menguntungkan baik untuk organisasi maupun pemangku kepentingannya.
Sedangkan menurut Kotler dan Armstrong (2014) pemasaran merupakan
proses perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun
hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai
imbalannya. Berdasarkan uraian menurut para ahli bahwa pemasaran”
c. Pengertian Manajemen Pemasaran
“ Perusahaan akan berhasil jika didalamya terdapat kegiatan manajemen
pemasaran, karena manajemen pemasaran sangat berpengaruh pada aktivitas
pemasaran yang dilakukan. Tugas dari manajemen pemasaran yaitu melakukan
perencanaan mengenai cara mencari peluang pasar guna untuk melakukan
pertukaran barang dan atau jasa dengan konsumen. Kemudian manajemen
pemasaran mengimplementasikan rencana yang telah dilakukan untuk
menciptakan dan mempertahankan pertukaran dengan konsumen agar
tercapainya tujuan perusahaan

No comments:

Post a Comment