Saturday, July 13, 2024

Pengertian Pembelian Impulsif

 


Konsumen seringkali melakukan proses pembelian yang tidak direncanakan
untuk memenuhi kepuasan emosionalnya tanpa melihat konsekuensi negatif yang
didapat dari hasil pembelian tersebut. Menurut Mowen dan Minor (Fitrawaty dan
Hasibuan, 2018 : 22) "pembelian impulsif impulse purchase adalah tindakan
membeli yang sebelumnya tidak diakui secara sadar sebagai hasil dari suatu
pertimbangan, atau niat membeli yang terbentuk sebelum memasuki toko”. Dapat
dikatakan bahwa impulse buying merupakan sesuatu yang alamiah dan merupakan
reaksi yang cepat. Menurut Sutisna (Fitrawaty dan Hasibuan (2018 : 23)
“pembelian impulsif terjadi ketika konsumen mengambil keputusan pembelian
yang mendadak”. Emosi dapat menjadi sangat kuat dan berlaku sebagai dasar dari
motif pembelian yang domain. Menurut Rook dan Gardner (Sari, 2014 : 57)
menjelaskan bahwa "pembelian impulsif didefinisikan sebagai pembelian yang
spontan yang ditandai dengan pengambilan keputusan yang relatif cepat”. 

No comments:

Post a Comment