Thursday, July 11, 2024

Pengertian Sales promotion


Kotler dan Armstrong (2006) menyatakan bahwa promosi penjualan (sales
promotion) berkaitan dengan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau
melakukan penjualan dari suatu produk atau jasa. Insentif jenis ini berkaitan dengan
reward, baik berupa potongan harga, jaminan, garansi, maupun refund berupa sempel
produk. Menurut Cummins dan Mullin (2004) promosi penjualan adalah kegiatan
pemasaran yang mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak dan lebih
sering. Pada intinya promosi penjualan adalah upaya nyata untuk membangun
hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan dalam jangka panjang.
Sales promotion adalah rencana promosi pengecer, yang tujuannya adalah untuk
mempromosikan penjualan atau meningkatkan penjualan dalam rangka
mempertahankan minat pelanggan atau untuk mempertahankan pelanggan berbelanja
padanya (Ma’ruf, 2005). Sales promotion, terdiri dari dua dimensi yang berkaitan
dengan uang (monetary) dan tidak berkaitan dengan uang (non-monetary):

  1. Monetary
    Monetary adalah kegiatan promosi penjualan yang berhubungan dengan uang.
    Promosi monetary termasuk memberikan diskon harga yang substasial kepada
    konsumen ada saat pembelian
  2. Non-Monetary
    Non-monetary adalah kegiatan promosi penjualan yang tidak berhubungan dengan
    uang, yaitu kegiatan promosi penjualan yang tidak memberikan intensif secara
    langsung dan lebih didasarkan pada hubungan dengan konsumen.
    Tujuan Promosi , tujuan ini adalah panduan untuk promosi yang tepat dan dasar
    untuk mengevaluasi pelaksanaan rencana. Tujuan dari promosi penjualan menurut
    Kotler yang diterjemahan oleh Alma (2007) adalah :
    a. Dapat menarik dan meningkatkan minat konsumen baru
    b. Memberikan reward atau hadiah baik berupa penghargaan kepada konsumen-
    konsumen baru atau pelanggan lama.
    c. Meningkatkan dkemampuan untuk menarik pembelian ulang dari konsumen
    lama.
    d. Mencegah konsumen beralih ke produk lain.
    e. Mempromosikan merek atau membangun loyalitas.
    f. Meningkatkan penjualan jangka pendek untuk memperluas "market share”
    jangka panjang

No comments:

Post a Comment