Tuesday, June 25, 2024

Dimensi Brand Image

 


Menurut (Kotler & Keller, 2013) mengemukakan dimensi-dimensi utama yang
membentuk citra sebuah merek sebagai berikut :

  1. Brand Identity
    Merupakan identitas fisik yang berkaitan dengan merek atau produk
    tersebut sehingga konsumen mudah mengenali dan membedakannya
    dengan merek atau produk lainnya.
  2. Brand Personality
    Merupakan karakter khas sebuah merek yang membentuk kepribadian
    tertentu sebagaimana layaknya manusia misalnya karakter tegas,
    beribawa, hangat dan sebagainya.
  3. Brand Association
    Merupakan hal-hal spesifik yang pantas atau selalu dikaitkan dengan
    suatu merek.
  4. Brand Attitude dan Behavior
    Merupakan sikap atau perilaku komunikasi dan interaksi merek dengan
    konsumen dan menawarkan benefit-benefit dan nilai yang dimiliki.
  5. Brand Benefit dan Competence
    Merupakan nilai-nilai dan keunggulan khas yang ditawarkan oleh suatu
    merek kepada konsumen yang membuat konsumen dapat merasakan
    manfaat kebutuhan, keinginan, dan obsesinya terwujudkan oleh apa
    yang ditawarkan.

Faktor Yang Mempengaruhi Citra Merek (Brand Image)

 


Menyebutkan faktor-faktor pembentuk citra merek (Indria Nurul Uyun & Ni
Wayan, 2021) adalah sebagai berikut :

  1. Kualitas atau mutu, berkaitan dengan kualitas produk barang yang
    ditawarkan oleh produsen dengan merek tertentu.
  2. Dapat dipercaya atau diandalkan, berkaitan dengan pendapatan atau
    kesepakatan yang dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk
    yang dikonsumsi.
  3. Kegunaan atau manfaat yang terkait dengan fungsi dari suatu
    produk barang yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen.
  4. Pelayanan, yang berkaitan dengan tugas produsen dalam melayani
    konsumennya.
  5. Risiko, berkaitan dengan besar kecilnya akibat atau untung dan rugi
    yang mungkin dialami oleh konsumen
  6. Harga, yang dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau
    banyak sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk
    mempengaruhi suatu produk, juga dapat mempengaruhi citra jangka
    panjang.
  7. Citra yang dimiliki oleh merek itu sendiri, yaitu berupa pandangan,
    kesempatan dan informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari
    produk tertentu.
    Manfaat Brand Image ada 2 yaitu :
  8. Manfaat Bagi Perusahaan
    Perusahaan dapat mengembangkan lini produk lainnya dengan
    memanfaatkan citra positif yang telah terbentuk terhadap produk lamanya.
  9. Manfaat Bagi Konsumen
    Konsumen dengan citra yang positif terhadap merek tertentu, lebih
    mungkin untuk melakukan pembelian hingga pembelian ulang secara terus
    menerus.

Citra Merek (Brand Image)

 (Fandy Tjiptoono, 2016) menyatakan merek adalah nama, istilah, symbol, atau

disain, maupun kombinasi di antaranya yang dimaksud untuk mengidentifikasi barang
atau jasa seorang penjual atau sekelompok penjual dan membedakannya dari barang
atau jasa para pesaing. Merek adalah produk atau jasa penambah dimensi yang dengan
cara tertentu mengidentifikasikannya dari produk atau jasa yang lain yang dirancang
untuk memuaskan kebutuhan yang sama. Merek adalah ide, kata desain, grafis dan
suara / bunyi yang menyimbolkan produk, jasa dan perusahaan yang memproduksi
produk dan jasa tersebut (Sumarwan et al., 2012).

Brand Lokal

 Brand lokal merupakan produk yang berasal dari dalam negeri sendiri, di

produksi dan dipasarkan di dalam negeri sendiri, seperti yang kita ketahui di Indonesia
sendiri sekarang produk lokal sudah mulai menurun daya jualnya, akibat kalah saing
dengan produk asing yang terlihat lebih berbeda dibanding produk lokal. Brand lokal
Indonesia ini memiliki sejumlah karya dan produk yang patut diacungi jempol.
Misalnya seperti event Lands of Leisures yang berada di Yogyakarta yang mewadahi
brand-brand lokal untuk membantu meningkatkan mengenalkan brand terhadap
masyarakat umum, dan meningkatkan penjualan terhadap peminatnya

Monday, June 24, 2024

Hubungan Brand Image dengan Media Sosial Pada Event

 


Hubungan brand image dengan media sosial pada event sangat
penting yaitu untuk membangun kesadaran merek dan memperluas
jangkauan pemasaran event. Brand image adalah citra dan persepsi yang
terbentuk tentang suatu merek atau event di benak pengunjung. Sementara
itu, media sosial menyediakan platform untuk membangun, memperkuat,
dan mengelola brand image tersebut terutama pada event. Brand
image yang berhasil dibangun di benak konsumen melalui media sosial
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan penyelenggara event.
Hal ini dapat membentuk persepsi positif tentang responsivitas dan
keterlibatan dari penyelenggara event.
Media sosial menjadi platform utama untuk mempromosikan
event, ulasan dan testimoni audiens tentang event tersebut yang dibagikan
melalui media sosial, dapat membentuk brand image, serta bisa menjadi
bukti kuat tentang kualitas event tersebut. Penelitian ini sesuai dengan
dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh (Hapsawati, Djoko L,
Lesmana R, 2021) memiliki hasil penelitian yang menunjukkan bahwa
sosial media memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand
image

Manfaat Event

 


a) Memberikan informasi secara langsung (tatap muka) dan mendapatkan
timbal balik yang positif dari publiknya.
b) Menjadi media komunikasi sekaligus mendapatkan publikasi sehingga
pada akhirnya publik sebagai target sasaran akan memperoleh pengenalan,
pengetahuan, dan pengertian mendalam

Jenis-jenis Event

 


Jenis-jenis event dibagi menjadi 2 kategori, yaitu event
berdasarkan ukurannya dan event berdasarkan kategorinya. Berikut
penjelasannya :

  1. Jenis Event Berdasarkan Ukurannya, yaitu :
    Menurut Abdullah (2009), berdasarkan ukuran dan skala event
    dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: mega event, medium event dan mini
    event. Penjelasan ketiga event tersebut adalah sebagai berikut:
    a. Mega event
    Mega event yaitu event yang sangat besar dan mampu memberikan
    dampak ekonomi yang besar pula pada masyarakat sekitar bahkan
    pada negara penyelenggara dan disebar luaskan, diliput, dan
    ditayangkan pada berbagai saluran media. Event ini biasanya
    terselenggara setelah dilakukan kompetisi antara beberapa organizer
    untuk menjadi penyelenggara.
    b. Hallmark event
    Hallmark event identik dengan karakter atau etos dari satu daerah,
    kota, atau wilayah pada suatu tempat. Event ini bersifat regional di
    suatu daerah tertentu.
    c. Major event
    Major event adalah event yang jika dilihat dari ukuran mampu
    menarik minat dari media untuk datang meliputnya, menarik
    sejumlah pengunjung dalam jumlah besar dengan kurun waktu
    periode tertentu untuk menghadiri event tersebut dan memberikan
    dampak peningkatan ekonomi secara signifikan
  2. Jenis Event Berdasarkan Kategori Special Event
    Menurut Noor (2009), terdapat empat jenis event, yaitu Leisure
    Event, Cultural Event, Personal Event, dan organizational Event.
    Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
    a. Leisure event
    Saat ini leisure event yang berkembang banyak berdasarkan pada
    kegiatan olahraga. Kegiatan yang sama memiliki unsur pertandingan
    dan mampu mendatangkan banyak pengunjung pada event tersebut.
    b. Personal event
    Personal event merupakan segala jenis bentuk kegiatan yang
    melibatkan anggota keluarga atau teman. banyak aspek kehidupan di
    era sakarang yang merubah bentuk asli kegiatan personal event.
    c. Cultural event
    Cultural event merupakan event budaya yang biasanya diperingati
    tiaptiap daerah sebagai ciri khas atau memperingati suatu adat
    tertentu dan melibatkan orang banyak.
    d. Organizational Event
    Organizational event merupakan bentuk event yang diselenggarakan
    oleh organisasi yang kegiatannya disesuaikan dengan tujuan
    organisasi