Menurut (Kotler & Keller, 2013) mengemukakan dimensi-dimensi utama yang
membentuk citra sebuah merek sebagai berikut :
- Brand Identity
Merupakan identitas fisik yang berkaitan dengan merek atau produk
tersebut sehingga konsumen mudah mengenali dan membedakannya
dengan merek atau produk lainnya. - Brand Personality
Merupakan karakter khas sebuah merek yang membentuk kepribadian
tertentu sebagaimana layaknya manusia misalnya karakter tegas,
beribawa, hangat dan sebagainya. - Brand Association
Merupakan hal-hal spesifik yang pantas atau selalu dikaitkan dengan
suatu merek. - Brand Attitude dan Behavior
Merupakan sikap atau perilaku komunikasi dan interaksi merek dengan
konsumen dan menawarkan benefit-benefit dan nilai yang dimiliki. - Brand Benefit dan Competence
Merupakan nilai-nilai dan keunggulan khas yang ditawarkan oleh suatu
merek kepada konsumen yang membuat konsumen dapat merasakan
manfaat kebutuhan, keinginan, dan obsesinya terwujudkan oleh apa
yang ditawarkan.