Kotler dan Keller menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dan
membentuk citra merek (brand image), diantaranya (Sarah & Sutar, 2020):
- Kualitas (Quality), berkaitan dengan kualitas yang ditawarkan produsen baik
barang maupun jasa. Dalam hal pendidikan mencakup kompetensi tenaga pendidik
dan kapabilitas alumni serta keluasan dalam memperoleh pekerjaan. - Bisa dipercaya (Trusted), berkaitan dengan pandangan atau pendapat yang tercipta
oleh masyarakat atau konsumen terhadap suatu produk yang dikonsumsi. - Manfaat (Profit), berkaitan dengan manfaat dari suatu produk barang atau jasa yang
bisa digunakan konsumen. - Pelayanan (Service), berkenaan perihal pelayanan yang melayani konsumen oleh
pembuat atau produsen. - Resiko (Consequence), berkaitan dengan efek yang mungkin dihadapi konsumen
baik besar kecilnya akibat atau untung ruginya setelah konsumen atau mahasiswa
memilih atau memutuskan suatu produk atau perguruan tinggi dalam pendidikan. - Harga (Cost), berkaitan dengan sedikit atau banyaknya jumlah uang atau biaya
untuk suatu produk yang dikeluarkan konsumen atau mahasiswa untuk menempuh
pendidikan ke depannya. - Citra yang dipunyai brand itu sendiri, berkaitan dengan pendapat, persepsi serta
berita suatu produk dari merek tertentu.